Apasih kekurangan dan kelebihan Suzuki hayate 125

http://komunitassuzuki.blogspot.com/2012/11/apasih-kekurangan-dan-kelebihan-suzuki-hayate-125.html
komunitas suzuki
Komunitas suzuki | Apasih Kekurangan dan kelebihan suzuki hayate 125 ?

untuk konsumsi bbm pada awal (baru) pemakaian Suzuki Hayate 1:35 dengan stop ang go. setelah penggantian oli dan berjalan diatas 2000 km saya mendapatinya lebih hemat: 1:40 menggunakan oli SGO sae 20-50. Mungkin akan lebih irit bila menggunakan oli spesial matik (sae 20-30). lain dari itu Suzuki Hayate stabil dan tidak bergetar pada kecepatan 100 kpj .Untuk bensin Suzuki hayate tergantung tempat pemakaiannya. jadi yang di jelaskan 1:37-55 itu untuk perjalanan jarak jauh dan gas stabil. jadi kalau digunakan di dalam kota misalanya, banyak faktor yang mempengaruhi keborosan matic Suzuki hayate ini, diantaranya Gas spontan yang tinggi saat memulai berjalan, serta banyaknya lampu lalin yang membuat kendaraan berhenti dan tetap hidup


Suzuki Hayate memiliki kelebihan sebagai berikut :

1. Desain yg sporty dan urban dynamis.
2. Velk Ring 16" , Yang mampu meredam getaran pada medan terjal dibanding ring 14" matic pada umumnya.
3. Dilengkapi dengan Dowble shock (2 Skok belakang), Yang mampu menjaga kesetabilan saat di muati beban belakang maupun untuk berboncengan.
4. Lampu belakang Suzuki hayate di Desaign mirip GSX-R
5. Penyaring udara yang besar sehingga memaksimalkan penyaringan udara untuk saluran karburator.
6. Bagasi penyimpanan Suzuki hayate yang luas 17 Liter, Sehingga helm Full Fice atau helm teropong pun bisa disimpan di dalamnya. bagasi ini sangat aman untuk menyimpan helm mahal sehingga tidak takut akan kehilangan helm.
7. Lampu depan yang disusun bertumpuk sehingga memberikan efek cahaya penyinaran yang lebih terang.
8. Model desain variasi lampu pada tengah lampu yang terkesan mewah.
9. Suzuki hayate Sudah Dilengkapi stop engine pada standart (jagang) samping.
10. Tangki bensin 5 Liter 
11. Dilengkapi dengan Sistem SCEM yang berfungsi sebagai pamaksimalan bahan bakar sehingga asupan bensin lebih irit dan meredam panas yang di timbulkan oleh mesin sehingga cepat dingin, serta pemaksimalan gas buang sehingga tidak banyak membuang tenaga. 

Di atas merupakan sedikit tentang kelebihan suzuki hayate.
Untuk perbandingan Bensin nya pun tergolong sangat irit dibanding dengan matic sekelasnya. Bensin 1 : 37 - 55 km, jadi disini Suzuki Hayate dengan Bensin 1 Liter mampu menjangkau jarak 55 km. Suzuki Hayate juga dilengkapi dengan tangki bensin 5 Liter, Sehingga kita tidak perlu berkali kali antri di POM bensin untuk mengisi Bensin. Full Tangki hayate mampu menempuh jarak 275 km. bisa jadi 2 minggu sekali baru ke POM untuk isi Bensin.Sekarang Suzuki tidak lagi dikatakan boros, tetapi produk suzuki jauh lebih irit di banding produk lainnya.

Suzuki Hayate memiliki kekurangan sebagai berikut :
1. belum FI A.k.a Full injection
2. mmm.. kurang apalagi ya??? oiya, Kurang Promosi kayaknya.. Hehehe..

Pengalaman Para Pemakai Suzuki hayate

1. Pernah boncengin bini dan dua anak (bobot 180 kg) pake hayate 125 cc, terus ketemu pasangan boncengan pake vario, spacy, xeon dan mio. Wuih sgt prihatin, motor tsb terlihat kecil spt tenggelam buat boncengan. Jauh bgt dibanding Suzuki hayate yg terlihat kokoh elegant. 

Lbh prihatin lg liat xeon sama mio. Kayak mau patah buat boncengan!!

Hayate jg matic dg design terbaik dikelas 100-125cc.

2. Dgn double shock, ring velg 16'' dan mesin 125 cc, membuat Suzuki hayate terasa lbh nyaman dibanding yg lain. Tenaga mesin spt gak abis2 pada putaran menengah dan atas. Pd kecepatan tinggi, hayate sgt2 stabil.

Vario dan xeon mah dg mudah kelibas.

3. Rasio harga dan performance, hayate jg paling kecil. Artinya dg harga murah, anda mendapat motor berkualitas.

4. Sparepart hayate jg murah. Spare part suzuki mahal cuma mitos. Paling kalo beda cuma 50 ribu.

5. Harga jual suzuki jeblok? Woi, gw bukan pedagang motor bekas. Ane beli motor baru buat dipake, bukan buat dijual lg


saya punya suzuki hayate yang selalu sy bawa kemana-mana… urusan pelumas saya pake Fastron Full Syntetic 0W-50W. di pom bensin oli ini dihargai Rp. 155ribu/liter. Agak mahal sih… tp klo kita cerdas toh mahalnya oli ini kebayar koq dengan performa yang dihasilkan NengYati ku… mulai dari konsumsi bensin yang lebih irit (perhitungan saya bisa irit 5 – 8 km/liter premium). Dan umur oli yang saya rasa bisa lebih lama… mungkin bisa sampai 5000 km. karena pada saat odometer 2500 km dan harus masuk beres, performa NengYati masih enak banget. Tapi karena takut garansi mesin jadi batal (karena gak melakukan perawatan rutn setiap 2500 km) jadi mau gak mau tuh oli harus diganti… Kalo kata mekanik di Beres, oli ini bisa koq digeber sampe 5000 km, bahkan mekanik langganan saya, selalu menampung oli bekas saya (karena dia tau oli saya baru 2500 km), Katanya sih buat dipake di smash nya dia…. hahaha….. saran saya : ubah mindset kita dari membeli barang menjadi membeli kualitas…. karena dengan kualitas bagus, bisa dipastikan barang tersebut sudah pasti lebih murah….. gak percaya…??? coba diitung-itung bro… nih saya kasih itungan sederhananya dari pemakaian oli yang sudah saya terangkan diatas :

- Oli Fastron Full Syntetis 0W-5W = Rp. 155ribu/liter
- Oli Konvensional = Rp. 40ribu (rata-rata)
Ada perbedaan harga sekitar 115 ribu…

Mari kita hitung performa yang dihasilkan Fastron (berdasarkan pengalaman dengan NengYati ku)

- Bensin lebih irit (jika dengan oli biasa NengYati ku 35-40 km/liter premium, dengan fastron bisa smp 40-45 km/liter, tergantung cara mengengendarai) kita ambil tengah2 nya. OLI BIASA = 37 km/liter, OLI FASTRON = 42 km/liter. kalo kita hitung berdasarkan perawatan rutin per 2500 km, maka perhitungannya sbb :
OLI BIASA, 2500 (km wajib ganti oli) / 37 (liter/km) = 67,6 Liter. artinya setia sekali periode penggantian oli, mesin menenggak 67,6 liter. Jika dikaslikan dengan harga premium : 67,6 x 4500 = Rp. 304,200
OLI FASTRON : 2500 / 42 = 59,5 liter. artinya dalam setiap periode pengantian oli ini mesin menenggak 59,6 liter. jika dikalikan dengan harga premium : 59,5 liter x 4500 = Rp. 267,750
dr sini ada save money sebesar Rp 36.450. Jika kita kurangi dengan harga oli nya. Maka oli FASTRON ini mempunyai value sebesar Rp. 118,450 (155ribu harga oli – 36,450 save money yg kita hitung tadi) 

Rp 118,450 / liter masih mahal buat ukuran oli….???? eitsss…… nanti dulu…. itungan itu msh diitung per 2500 km penggantian oli, secara teori oli ini bisa smp 5000 km (jika diaplikasikan di mobil oli ini bisa tembus sm 10.000 km, tp jgn coba2 pake smp 10,000 km buat motor…. itungannya beda bro… cukup smp 5.000 km saja). Nah… klo oli ini diajak smp 5000 km.Suzuki Hayate memang te o pe dah.. itu lah salah satu kelebihan lainnnya dari hayate

sekian dulu tentang suzuki hayate, semoga bermanfaat.. mau tahu daftar club atau komunitas suzuki thunder di seluruh indonesia ?

43 komentar:

  1. saya suka banget ama hayate ini, bner" beda banget sama matic yg lain,
    menurut saya suzuki kurang pasang iklan, sangat di sayangkan produk sebagus hayate jarang orang yg tahu

    BalasHapus
  2. saya pemakai motor suzuki, hampir semua jenis motor ini pernah saya miliki...termasuk hayate...semuanya oke....haya thunder yang kurang oke, tapi bukan dari kwalitas mesinnya....hanya masalah tanpa kick stater.. suziku okeeee

    BalasHapus
  3. kalau ganti roda suzuki hayate ini dengan yang lebih besar pengaruh tidak sama mesin.. atau ada pengaruh lain.

    BalasHapus
  4. Gan hayate aneh dari awal kok shock depan kok bunyi dan keras padahal dulu punya skywave enak. Dan rem belakang kok kurang pakem ud diganti masih tetap. Mohon saran dari temen2 txs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengendara suzuki hayate22 Mei 2013 14.11

      coba periksa semua mur ( baut) yang terdapat pada rem nya gan.. ane juga pernah kejadian kata mas nya cuma longgar saja, oiya.. skrg hayate udah 1 tahun, rencama mau ganti ban. bagus nya di apain ya? diganti yang lebih besar atau gimana, mksd nya biar gaya.. :)

      Hapus
  5. saya suka baca semuanya... mendetail terperinci. ibu ibu yg biasa merinci belanja bulanan mah lewat ama perincian inih... senyum senyum terus baca nya ... hehe

    BalasHapus
  6. thanks infonya.
    Mau tanya, ukuran ban belakang, standard nya berapa dan bisa di gede in jadi berapa ya?? soalnya kok, ky mepet bgt dengan shock.
    Mohon pencerahan gan...

    BalasHapus
  7. w dah beli hayate 125 warna merah putih (SE) tapi pas w mau beli gas (3kg) eee gak muat tarok di depan soalnya ada Tulangnya (Underbone) gak rata kayak vario, terpakasa diikat dibelakang kayak motor batangan aja....

    BalasHapus
  8. Hayate ane msh boros neh, kurang lebih 1ltr cuman 27 km, kok bs ya, hayate agan smp 37km/ltr nya? Mang si yg blum ane coba, ganti oli nya, nunggu service berikutnya, overall puas pk hayate, soalnya di jalan jarang liat, he3

    BalasHapus
  9. sy baru pake hayate merrah putih se, seneng sih, tp boross, hwaddeehh, sy kan biasa naik turun gunung, beda bgt ma shogun, ngendarainya sih lebih enak, tp bensiinnnya, eh ada g alat yg bs buat lebih irit ya, mhn info

    BalasHapus
  10. klo emang suka naik turun gunung coba di ganti part sbg brkt..
    per cvt ganti punya vario
    roller ganti punya spin yang 12gr
    per kopling kpunyaan mio...
    perbedaan pasti ada karena kan butuhnya akselerasi awal / buat naik turun gunung klo masih kurang ganti rollernya yang lebih kecil lg tapi inget dengan penggantian part ini mengorbankan top speed
    kan butuhnya akselerasi bukan top speed

    BalasHapus
  11. pengalaman pribadi sih.. kemaren ane sempat ganti ban hayate ane tapi sungguh mengecewakan begete, ane jadi ga nyaman bos.
    kekurangan nge gantiin ban hayate
    siji: laju hayate ane jd lelet alias berat
    loro: sering bgd beradu sama shoc terkadang menghasilkan bunyi gesekan
    tilu: kalau ditkungan jadi tidak stabil lagi, kayak mau copot aja tuh ban..
    tips dari ane :
    Lebih bagus hayate pakai yang standar dan satu lagi untuk tarikan nya hayate ini akan terasa enak banget kalau berada pada tarikan setengah ke atas, jadi kalau mau ngebut.. awal jalan pelan aja dulu.. nanti akan terasa kalau udah berada dipertengahan. kuenceng abeeezz bos.. ( maaf ye bahase ane sederhana soalnye ane bukan montir tapi pemakai montir dengan seribu pengalaman dan seribu teman montir. heheheh... )

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. assalamu'alaikun , bang saya beli suzuki hayate dari paman , trus saya tabrakan kaca penyangga lampu sama kedok muka nya rusak, kkalo beli baru kira2 harganya berapa tolong ksi tau ya

    BalasHapus
  14. Awalnya ga tau tuh hayate 125, karna saya bukan gila merk saya tulislah di catatan saya spesifikasi motor yg saya inginkan
    1. Matic biar perjalanan lebih santai klo ke kantor
    2. Shock wajib 2 ,maklum berat 90kg hahaha parah, pengalaman klo shock 1 disamping setahun sih kuat tapi dah 1 thun lebih di jamin gusrak deh poldur klo boncengan
    3. Karburator saja krna bengkel ngambrak, ga kebayang klo injeksi motor lagi apes tiba2 mati, dorong deh cari bengkel resmi klo isya dah pada tutup
    4. Motor ga akan di jual pake teruusss bodo amat harga jual sih
    5. Bahan bakar saya rasa seboros2 nya motor lebih boros naik bus atau naik bajaj hahahahah jadi ga masalah gan

    Finally saya pilih hayate 125 warna orange 2013 sesuai dengan spesifikasi saya,
    Klo ada yg lihat dijaksel hayate 125 warna orange penunggangnya kaya mike tyson itu saya, tegor aja hehehehd thanks yg punya blog

    BalasHapus
  15. mohon masukanya nih, hayate ane termasuk boros 1:30 padahal udah ecoriding

    BalasHapus
  16. Hayate ane 1:35 pake pertamax
    Btw ane baru ganti per cvt merk ktc 1000rpm dan per kopling mio 1500rpm, roller tetep standart 15gr.. hasilnya tarikan 0-50 kaya mau terbang, 50-70 momentum agak ilang, 70-100 gregetnya balik lagi.. top speed tetep 110.. kesan ane setaun pake hayate puass bgt.. Keliatan eksklusif karena jarang yg pake, nyaman dibawa apalagi buat bocengan, dan ga pasaran :p

    BalasHapus
  17. Hayate bkn mtor pasaran, yg pkee hayate 125, lbh exlusiv. G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ klah gya. Org yg krg tau hayate, dtg ªƆª k shoroom trdkat. Coba liat spek nya, baru cari tau dgn mesin. BOHONG motor matic irit. (Kalau jln lurus trus gas stabil, 1:123km lo rasain) nah kan jrg jln lurus G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ ada jeglokan. Lo prhatiin n rasain slama mtor itu shati dgn lo. Kenceng bwt harian, siap buat tarikan. Jgn tanggung, pancing gas pol biar kompresi kaget bwt power gede... Oke ladies n gantleman.

    BalasHapus
  18. saya PB ( Pengemar Berat ) Suzuki, baik mobil dan motor, selama ini beli suzuki ga nyesel, apalgi mesinnya, pnya shogun 110 2003, & 2008, satria hiu 2004 ( udah dijual ganti shogun RR 2008 ), mw nambah matic, lg bingung, liat ini bsk kyanya mw langsung k dealer.

    BalasHapus
  19. TAdi ke diler katanya tahun depan ada yg injeksi
    Kira2 kpn ya gan?

    BalasHapus
  20. getaran mesinnya, berasa banget, pada saat lagi berhenti. lainnya sih oke banget.

    BalasHapus
  21. Ass.. mikum,,, ini seh cerita bukan sembarang cerita, ane pengguna matik baru biasanya bergigi. Pengalaman ane waktu mo cari motor matik ane tau klo teknologi yamaha dan honda saling kejar2an,... btw eh btw kakak ane semuanya beli vario PGMi fi.ane mau tuturuti eh pas cari tuh motor ane dipinjemin noerhayati 125 , waktu ngejar tuh barang ane mo nabrak 2 kali. Duh gile bener si noerhayati buat gua jd aman maantaaap top accelerasi top speed nya + handling dan pengereman. Duh si noer pengen di tunggangi akang trus kali yee,...

    BalasHapus
  22. jadi pengen ganti,soalnya punyaku kan spin dan skywave

    BalasHapus
  23. Saya juga lagi cari motor matic untuk kakak saya (kakak saya cewek). Dan sepertinya tertarik sama suzuki hayate..

    BalasHapus
  24. Saya juga pemakai hayate, pengalaman berleha leha dg yati udh setaun lebih. Buat saya yati ok, ga pasaran, kualitas body sama mesin awet .model nya juga oke..elegan serasa nunggang moge tarikan mantab.Cuma ya dgn kondisi perekonomian yg labil sprti saya ini yati ckup matre menguras isi dompet saya..terutama buat minuman nya (bensinnya hehe) . Dan kesal lagi daerah saya juga trmasuk rawan ranjau..jd sekali kena ranjau..yati lgsung ngambek dan terpaksa harus seret k dealer resmi..soal nya tukang tambal ban ogah nanganinnya..alasan susah bongkar sama ban dalam gak ada jual. Saran saya klo emg bisa ganti aja alas kaki yati dengan tubeles biar gak ngerepotin..trutama buat para ladies yg mau pakai yati ini. Sip. Thanks admin. Saya bnr2 nunggu hayate injeksi.

    BalasHapus
  25. bagusan mana gan antara hayate dengan vario cbs?

    BalasHapus
  26. Saya tahun 2012 dulu pernah beli vario 125 non cbs. Pengalaman pribadi: dengkul (lutut) selalu mentok dengan laci di tebeng depan shg sering mau jatuh waktu belok. Bagasi ga muat bawa laptop. Kalo lari 90km/h ke ats handling melayang2 tidak stabil. Kalo di persimpangan/tikungan tajam tapi jalan ga rata, walau kecepatan rendah, sdh bbrp kali mau jatuh. Bensin sekitar 1:50. Topspeed sekitar 105km/h. Tarikan bawah enak, atas lumayan, tengah lemah.

    Galau gan..akhirnya saya jual, ganti hayate 125.. pengalaman sampai sekarang pakai hayate: ganti per kampas kopling yg lebih lembut (mio), biar buka gas dikit udah jalan dan bensin jadi irit juga, 1:43-an (beli 15 ribu buat kurang lebih 100 km). Tidak ada masalah lutut mentok lagi. Bagasi muat laptop.Lari sampai 100km/h (gas blm mentok) pun tetap stabil tidak melayang2. Belokan tajam juga sangat stabil dan tetap lincah. Tarikan awal tergantung karakter mbetot driver, kalo kalem ya kalem, kalo langsung bejek ya bisa langsung ngacir. Tarikan tengah sampai atas: mantap!!!

    BalasHapus
  27. Oh iya, satu lagi gan, motor istri saya sebelumnya supra x 125 helm in...sekarang dijual, ganti juga ama matic 125 suzuki ring 16 ini..hehehee.. :) Kuncinya satu: per kampas kopling langsung ganti yg empuk...!!!

    BalasHapus
  28. Wahh neng Yati nya pada irit2 nih. Neng saya bensin 1:33 pake V Power, kalo pake Pertamax plus lebih irit 1:36, pemakaian dalam kota dan cara bawa stabil gak ugal-ugalan. Ban belakang pake ring 16 yang tebelan sedikit (mau ganti ring 17 tapi mentok). Top speed 100 km/h (mentok).

    Minta saran rekomen oli matik yang paling yahud apa ni gan? Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bensin pakai premium. Oli saya pakai sgp aja bung Irfan, bagi saya sudah cukup. Kondisi jalan stop and go, tiap pagi ama sore ngantor padat merayap.. (jalan godean - ugm pp). Ga pernah merasa panas mesinnya. Kadang weekend ke luar kota ama istri (ke pantai indrayanti gunung kidul), juga ga masalah. Pas ganti oli (sekitar 2000 km), oli masih blm terlalu hitam. Bagi saya kuncinya cuma satu: ganti per kampas kopling dg yg lebih lembut sehingga gas buka kecil saja sudah jalan motornya.Sebelum ganti per kopling, bbm sya juga sekitar 1:30-35 bung..hehehe.. monggo kalo mau coba, ditunggu hasil eksperimennya :)

      Hapus
  29. Bensin premium, Oli Enduro Racing, 2pcs 9**wer, ban depan 80/80 ban blakang 100/80 (swallow), Speed 60-100 kpj, Bintaro - Duren Sawit - Bintaro (75km) skali jalan rata" 37-38km, 20rb (premium) bisa buat 2 hari (dibawa santai gak lebih dari 60kpj), Shock n Manuver stabil...selanjut nya terserah anda :D

    BalasHapus
  30. Hayate memang mantab !! Buat agan2 di jabodetabek yg tertarik memiliki motor ini silahkan mampir di www.dealermotorsuzuki.com/ cari mobil seken murah di www.mobilbekas99.com. thx admin

    BalasHapus
  31. Kapan suzuki hayate 125 fi akan meluncur di indonesia.

    BalasHapus
  32. Permisi agan2... ane mo beli hayate 125. NEW/BARU. warna putih. Keluaran Rakitan tahun 2014. CASH. lokasi ane d jakarta barat.

    Budget ane bener2 ngepas/mentok di Rp.14.300.000,-. (OTR) Itu jg ud maksa2 in bgt budget nya.. hehe.. Mohon saran/info pembelian tempat yang terpercaya untuk budget segitu? Terimakasih agan2.

    Kalo ada tolong hub saya di : 083879876442.
    sms dulu aja, bilang saya yg mo info in hayate. -Ricky-

    BalasHapus
  33. Neng nurhayate emg mantabz....bodi aduhai....kaki2 mantabz.....pas dinaiki.....wuih nikmat......salut buat suzuki.....top lah

    BalasHapus
  34. Agak boros dikit kalau dipakai akselerasi mendadak

    BalasHapus